Ada bola di sarungku!

Standar

Saya belum menonton film Garuda di dadaku itu, film yang katanya menggugah rasa nasionalisme itu.Tapi sejenak saya melihat poster film itu membangkitkan kenangan lama saya di pesantren, sewaktu masih aktif bermain bola di lapangan alun-alun guluk-guluk sana.

Waktu itu impian lama saya untuk menjadi seperti Roberto Baggio atau David Beckham selalu saja terbentur dengan sebuah keharusan untuk ‘belajar yang baik dan duduk di bangku sekolah dan belajar kitab kuning’, ya orang tua selalu bilang main bola itu ndak hubungannya dengan masa depan atau akherat, dan teman-teman di sekitar saya juga bilang agar sebaiknya saya realistis saja bermimpi, jujur dulu saya sangat mengambil hati ungkapan orang-orang di sekitar saya itu, dan ketika saya bersembunyi saya ungkapkan kekesalan saya akan ‘mimpi terlarang’ itu!

Dulu saya memang tidak bisa bermain bola dengan baik, di kesebelasan lokal pun saya hanya ‘pemain bawang’ , saya di pasang karena hanya saya mempunyai posisi sedikit istimewa, dan mungkin penghibur, tapi jiwa raga saya waktu itu memang penuh bola – ini terjadi tepat setelah demam piala dunia ’94 di Amerika Serikat -.

Di pesantren, banyak sekali talenta-talenta berbakat yang menyembunyikan bakat nya di balik lipatan kain sarung yang melilit tubuh mereka, tapi entah mengapa talenta mereka menguap entah ke mana ketika mereka beranjak dewasa akhirnya mereka menganggap mimpi lama mereka hanya sekedar hobi saja – hobi yang untuk hobi -.

Dan akhirnya ada sebuah tanya; sarungan ndak boleh maen bola? sarungan ndak boleh jadi pemain bola? sarungan ndak boleh maen gitar? ah mungkin itu dulu, saya harap sekarang sudah beda seiring dengan ditekannya tombol sirine peresmian Jembatan Madura, semoga sedikit ada pergeseran dan gesekan atau bahkan tendangan!, ini bukan undangan, ini bukan himbauan, ini adalah paksaan untuk masa depan yang lebih baik!

2 responses »

Tinggalkan Balasan

