Abdullah Alwazin

Standar

Nama saya Wazeen,

Nama gw Wazeen,

Nyamanah kauleh Wazeen,

Njenenge kulo Wazeen,

Mere naam Wazeen-he,

Wo she Wazeen,

O nama e wa Wazeen-des,

Ismi Wazeen!

Vashe imya Wazeen!

My name’s Wazeen!

Begitu saya memperkenalkan diri , pada awal perkenalan biasanya orang-orang agak tertatih tatih menyebut nama saya, ada yang menyebut Wazin dan Wazeen [sempurna!], ada juga yang menyebut Wajin, dan Wasin, Wesin, Wazid, dan yang paling parah biasanya petugas apotik menulis nama saya dengan Wasir ! siaul! menyebalkan! pantas saya susah sembuhnya!

Begitu susahkah menyebut Wazeen teman?

Baiklah saya akan memperkenalkan nama asheli saya sekali lagi, nama lengkap saya Abdullah Alwazin, kata orang tua saya, tetua kiyai di desa lah yang memberikan nama itu kepada saya, yang katanya nama itu adalah nama salah seorang sahabat kanjeng Nabi Muhammad SAW, entah yang mana, karena sepanjang penelusuran saya belum ada sahabat Nabi yang namanya persis seperti nama saya.

Kenapa nama saya begitu arab? padahal kulit saya sangat oriental?

Baiklah saya dilahirkan di tengah-tengah keluarga besar yang memegang teguh tradisi dan menjujung nilai-nilai agama, dan mereka senantiasa berdoa untuk saya, dan sewaktu saya kecil, saya dengar, doa mereka selalu dalam bahasa arab, maka dari itulah mereka memberi nama saya dengan nama yang ke arab-arab an itu, ya apa boleh buat menempellah nama itu pada diri saya sampai saat ini, padahal jujur kalau boleh memilih saya lebih suka nama yang lebih nasionalistik, nama yang merupakan paduan dari seluruh etnis dan pulau-pulau yang berjejer dari Sabang sampai Merauke.

Lalu Abdullah Alwazin artinya apa?

Pengusutan saya terhadap nama saya sendiri masih belum tuntas, informasi yang saya dapat sementara ini adalah Hamba Tuhan Yang Penimbang, kurang lebih begitu, hmm apakah ini karena saya berzodiak libra yang bercap timbangan itu? Saya ndak tahu persis teman.

Nick name?

Wazeen, Zeen, Zin, Waz (dari Ozzie) , Waseen (saya mendengar tune yang satu ini dari teman-teman blogger di Pesta Blogger kemaren), Ajin (nama panggilan kramat saya), Abdullah (sangat formal dan langka, hanya petugas-petugas resmi yang memanggil saya dengan nama itu, seperti, kustomer servis XL, petugas visa, petugas tiket) dan juga JIN! uh…

Ada cerita aneh?

Tahu 2006, gara-gara saya bernama yang sangat arab sentris itu, saya mesti jungkir balik dan mengealuarkan aji waringin zungsang untu mendapatkan surat sakti alias visa ke negeri-nya Ramayana dan Mahabarata, saya sempat frustasi dan berkali-kali menyesali nama saya yang tidak Indonesia, betapa tidak keberangkatan saya harus tertunda selama 2.5 bulan, dan selama 2.5 bulan itulah saya berada dalam ketidak pastian, tapi akhirnya setelah melalui proses lobi-lobi dan jungkir balik sana-sini dan berusaha meyakinkan bahwa saya bertampang orang baikπŸ˜‰ , akhirnya saya memperoleh visa itu dengan kode visa yang sangat aneh ” XV ” bukan ” T ” sebagaimana turis-turis umumnya, XV itu apa? saya berusaha keras menafsirkan dan tanya sana-sini maksud XV itu, XV = 15? dan yang sangat menyebalkan setelah ada teman yang menafsirkan XV itu adalah Xtra Vigilant alias orang ini mesti diwaspadai secara ekstra, wah saya merasa seperti Bourne saja, ah nama, tapi bagaimanapun juga India telah menyambut saya dengan cukup eksotis dan menawan, sempurna dengan masala chai dan tandoori yang luar biasa jauh dari imej para petugas visa yang penuh curiga itu, akhirnya kata namaskar terdengar dengan cukup eksotis.

Ucapan Om Shakespeare: What’s in name?, apalah arti sebuah nama? ya selalu ada cerita di balik sebuah nama, selalu ada cintaNya dari sebuah nama, dan apapun style nama situ, saya harap satu kata harus tetap terbentang Saya Orang Indonesia!

Nama saya Wazeen teman, nama situ siapa?

17 responses »

  1. Salam kenal, saya Nazieb…
    Nama lengkapnya Mokhammad Rif’ad Ainun Nazieb..
    :mrgreen:

    Saya malah merasa seneng dikasih nama Arab, bukannya saya fanatis, hanya itu yang membuat saya mikir-mikir kalo mau berbuat ndak nggenah. Kayak kata guru saya: “Jenengmu iku abot, kudu dijogo ati-ati” (Namamu itu berat, harus dijaga hati-hati) Dan saya merasa nama saya-lah yang menjaga saya
    πŸ˜€

  2. @Nazieb, iya kayaknya perlu pake bodyguard neh

    @edy, ehhhhmmmm

    @Hair, saya juga mas, tapi terkadang nama itu terasa berat…

    @rumahkayubekas, Wazeen aja kang, serem kalau dipanggil Jin…

    @cK, bunga sakura?

    @Hedi, bangsa kita sangat ramah mas, susah untuk nolak orang asing

    @dewi, terserah mbak dewi aja, enaknya yang manaπŸ˜‰

    @bambang,satu lagi mas Wazeenisme he he he

    @adit-nya niez, lho bukannya adit-nya niez?

    @verlita, jadi yang main sinetron itu?πŸ˜•

    @annots, wah yang punya pabrik teh itu? atau empunya keris nogo sosro itu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s